Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Sekolah

Authors

  • Ana Uzla Batubara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama Author
  • Rizki Rifadli Author
  • Iqbal Adrian Telaumbanua Author

Keywords:

Differentiated instruction, Matematika, Pecahan

Abstract

Matematika didefinisikan sebagai ilmu tentang pola, struktur, kuantitas, dan hubungan yang digunakan untuk berpikir logis, menyelesaikan masalah, serta memahami dunia secara sistematis dan analitis. Di era Pendidikan 4.0, matematika juga semakin terintegrasi dengan teknologi digital, seperti penggunaan software matematika, simulasi, dan pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran yaitu Differentiated instruction (DI). Materi pecahan sering menjadi tantangan bagi siswa karena konsepnya lebih abstrak dibandingkan bilangan bulat. Siswa duduk sesuai dengan metode DI yang telah disediakan oleh guru dan menjelaskan proses pembelajaran menggunakan Zigsaw, Dimana siswa akan diberikan waktu 15 menit untuk setiap metode, jika waktu yang diberikan telah habis, maka setiap kelompok akan berpindah ke metode lain hingga seluruh kelompok melakukan setiap metode. Untuk setiap metode, siswa diinstruksikan untuk menuliskan informasi atau Kesimpulan tentang setiap metode yang siswa lakukan pada kolom kertas yang telah disediakan oleh guru. Sebelum memulai kegiatan, guru menyampaikan materi singkat tentang materi dan menjelaskan proses pembelajaran berlangsung. Mahasiswa bergabung dengan siswa sesuai dengan kelompok untuk dapat membantu siswa selama proses berlangsung. Melalui strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar, tingkat pemahaman, serta kebutuhan individu siswa, pendekatan ini membantu siswa memahami konsep pecahan dengan cara yang lebih menyenangkan, interaktif, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Azizah, “Penerapan Differentiated Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” Delta J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2016.

A. Cahyanti and H. Haeruddin, “Studi Literatur: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2024, pp. 32–42.

E. Defitriani, “Differentiated Instruction: Apa, Mengapa dan Bagaimana Penerapannya,” PHI J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 111–120, 2019.

A. HABIBAH, “EFEKTIVITAS PENDEKATAN DIFFERENTITE INTRUCTION (DI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” UNIVERSITAS PERADABAN, 2022.

M. Miqwati, E. Susilowati, and J. Moonik, “Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar,” Pena Anda J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 30–38, 2023.

M. Hariyani, “DESAIN DIDAKTIS KONSEP DASAR PECAHAN DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di 2 Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung),” Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.

T. S. Alasi, Ilmu komputer. Media Publikasi Idpress, 2024.

T. S. Alasi et al., Pemrograman Terstruktur dengan Bahasa Pemrograman Pascal. Media Sains Indonesia, 2023.

S. S. Simanjuntak and T. Listiani, “Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman konsep matematika siswa kelas 2 SD,” Sch. J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 10, no. 2, pp. 134–141, 2020.

Downloads

Published

2024-02-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Sekolah. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Variasi, 2(1), 26-30. https://ejurnal.stmikmethodistbinjai.ac.id/jpmv/article/view/71